KONSEP KEBUDAYAAN dalam ISLAM

Posted on Selasa, 11 Januari 2011 by muceiimutia

 Konsep Kebudayaan dalam Islam

  Menurut ahli budaya, kata kebudayaan merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu budi dan daya. Budi mengandung makna akal, pikiran, paham, pendapat, ikhitar, perasaan. Daya mengandung makna tenaga, kekuatan, kesanggupan. Jadi kebudayaan adalah kumpulan segala usaha dan upaya manusia yang di kerjakan dengan mempergunakan hasil pendapat budi untuk memperbaiki kesempurnaan hidup.
           
            Al-Qur’an memandang kebudayaan itu sebagai suatu proses, dan meletakan kebudayaan sebagai eksistensi hidup manusia. Kebudayaan merupakan suatu totalitas kegiatan manusia yang meliputi kegiatan akal hati dan tubuh yang menyatu dalam suatu perbuatan. Oleh karena itu secara umum kebudayaan dapat dipahami sebagai hasil akal, budi, cipta rasa, karsa dan karya manusia. Ia tidak mungkin terlepas dari nilai – nilai kemanusiaan, namun bisa jadi lepas dari nilai – nilai Ketuhanan.


            Kebudayaan Islam berlandaskan pada nilai – nilai tauhid. Islam sangat menghargai akal manusia untuk berkiprah dan berkembang. Hasil akal, budi rasa, dan karsa yang telah terseleksi oleh nilai – nilai kemanusiaan yang bersifat universal berkembang jadi semua peradapan.

0 Responses to "KONSEP KEBUDAYAAN dalam ISLAM":